Tips Jitu Memilih Alas pada Meja Makan

Tips Jitu Memilih Alas pada Meja Makan

Sebuah makanan yang disajikan secara sederhana akan tampil menjadi istimewa jika disajikan dalam bentuk yang menarik. Salah satu yang bisa dilakukan dalam membuat sajian makanan menjadi menarik adalah mengkombinasikannya dengan alas makan atau taplak meja Anda. Berikut beberapa tips yang dalam memilih alas bagi meja makan Anda:

  • Selain kain, cobalah alas makan dari beragam materi, seperti plastik, serat sintetis maupun dari kain. Untuk menambah manfaatnya, kehadiran alas makan dapat menguatkan permainan warna dan tekstur pada penataan meja. Mengingat harganya relatif murah dan tak makan banyak tempat saat disimpan, tak ada salahnya mengoleksi agar bisa dipakai berganti-ganti sesuai dengan musim dan tema hari istimewa saat Anda menggelar jamuan makan.
  • Gunakan lapisan vinil di bawah taplak meja yang terbuat dari kain. Cara ini tidak hanya melindungi taplak meja, tapi juga mampu meredam suara dentingan sendok-garpu ataupun peralatan makan yang terbuat dari porselen. Kesempatan mengobrol selagi makan pun jadi terasa lebih menyenangkan karena minimnya gangguan suara dentingan tadi.
  • Berani bereksperimen. Mencoba mengenakan tutup meja di luar pakem konvensional pun boleh-boleh saja, bahkan sangat dianjurkan. Runner, kreasi quilt  bergaya antik dan scarf  berbahan sutra bisa dijadikan pilihan.
  • Saat memilih kain taplak meja, jangan lupa bahwa serbet makan akan menambah nilai penampilan meja secara keseluruhan. Sebaiknya pilih serbet makan dari bahan kain, meski tidak berarti serbet makan dari kertas tak bisa tampil apik.
  • Untuk membuat hidangan yang Anda sajikan tampil kian menarik, mengapa tidak menggunakan koleksi perangkat makan terbaik Anda meski itu boleh jadi bukan kesempatan spesial? Tapi, bukankah tak ada yang lebih spesial ketimbang bisa duduk bareng menikmati santapan yang tersaji bersama kerabat dan sahabat?
  • Jangan takut membuat padu padan. Koleksi perlengkapan makan Anda bisa dijadikan sarana membuat padu padan ini. Tidak ada salahnya kok menyajikan buah stroberi dalam mangkuk berupa jeruk yang sudah dikeruk isinya. Lalu letakkan di atas mangkuk jingga dan sajikan pada tetamu dalam baki berlapis rotan warna-warni.
  • Meski bukan berasal dari koleksi yang sama, kalau sama-sama merupakan porselen China bisa saja dipadupadankan sedemikian rupa menjadi koleksi baru yang tak kalah menarik. Cobalah temukan sebanyak mungkin keragaman dalam pola yang berbeda. Namun perlu diingat untuk membatasi penggunaan warna maksimal dua saja, misalnya, biru dan putih. Terlalu banyak warna justru akan merusak keserasian dan memunculkan kesan norak alias jauh dari elegan.
  • Barang pecah-belah dapat menambah pengaruh kuat pada tatanan meja yang bisa ditemukan dalam variasi bentuk, gaya, maupun warna.

 

Semoga tips-tips sederhana diatas dapat menjadi informasi bagi Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi chandrakarya.com, toko furnitur dengan konsep yang sederhana yaitu harga murah, lengkap, dan mutu terbaik. Dan dapatkan barang-barang dengan kualitas terbaik dan harga termurah hanya di Chandra Karya.