8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terhindar Dari Penyakit

8 Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Terhindar Dari Penyakit

Rumah harusnya menjadi tempat yang aman, dimana Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan mendapatkan ketenangan dari keramaian dunia luar atau menghindari hal-hal yang kita anggap bahaya. Sayangnya, ada bahaya di rumah yang tidak terlihat atau terabaikan tanpa kita sadari. Berikut hal yang harus diperhatikan untuk memiliki rumah yang sehat :

  1. Jamur dan Lumut
    Hampir semua rumah dapat ditemukan jamur atau lumut, terutama di tempat yang lembab seperti kamar mandi, dinding dan dapur. Jika Anda melihat jamur atau lumut di rumah, sebaiknya segera membersihkannya dengan cairan penghilang jamur secara rutin, untuk menjaga udara didalam rumah tetap bersih dan sehat.
  2. Pendingin Ruangan / AC
    Untuk anda yang tinggal di kota, tidak jarang dari Anda yang menggunakan AC untuk hal kenyamanan. Tetapi tahukah Anda? Jika tidak rutin membersihkannya, hal ini justru membuat udara di dalam rumah menjadi tercemar. Pastikan Anda membersihkan AC secara berkala untuk menjaga udara dalam ruangan tetap bersih dan sehat.
  3. Kamar Mandi
    Kamar mandi adalah ruangan kecil yang panas dan lembab, sehingga mendorong pertumbuhan jamur menjadi lebih cepat. Penggunaan pembersih dengan bahan kimia yang keras serta tidak adanya sirkulasi udara pada kamar mandi juga dapat menjadi salah satu penyebab utama pusat bertumbuhnya bakteri. 
  4. Ruang Tamu
    Ruang tamu atau ruang keluarga digunakan oleh banyak orang, tidak hanya anggota keluarga yang tinggal didalam rumah, namun juga para tamu. Banyak aktivitas yang dilakukan sehingga sering kali sulit untuk mengontrolnya. Sehingga ruang tamu atau ruang keluarga merupakan salah satu sarang bakteri yang bisa berasal dari mana saja. Salah satu penyebab yang sering tidak kita sadari adalah remote control atau benda-benda elektronik lainnya yang sering kita gunakan. Pastikan Anda membersihkannya dengan lap atau cairan disinfektan pada benda-benda tersebut. Selain benda-benda elektronik, sofa juga menjadi sumber bakteri sehingga anda perlu membersihkannya secara rutin.
  5. Ruang Tidur
    Ruang tidur adalah tempat untuk beristirahat dan memulihkan tubuh setelah melalaui aktivitas yang padat dan tanpa kita sadari bakteri juga mudah berkembang biak di tempat tidur. Penyebab terbesar adalah tempat tidur Anda. Bantal dan kasur yang tidak dibersihkan dengan benar dapat memunculkan tungau. Pastikan Anda membersihkan tempat tidur secara berkala dan dalam hal ini Anda juga dapat menggunakan pelindung kasur / mattress protector sebagai perlindungan ganda.
  6. Dapur
    Memasak adalah kegiatan rutin yang sering dilakukan, khususnya untuk ibu rumah tangga. Tetapi tahukah Anda? Ada bagian yang menjadi sumber bakteri, seperti saluran air pada bagian pencuci piring, spons hingga serbet. Pastikan Anda membersihkannya secara rutin dan menggunakan serbet secara terpisah untuk mencegah penyebaran bakteri di area dapur.
  7. Garasi
    Dalam hal ini garasi juga menjadi ruangan yang harus diperhatikan untuk menjaga udara di dalam rumah tetap bersih untuk pernapasan. Sebagian orang meletakan cat atau cairan pembersih berbahan kimia di dalam garasi, jika ada bagian yang bocor atau botol yang tidak tertutup dengan rapat membuat bahan kimia bereaksi dengan udara. Selain itu karbon monoksida dari pembakaran kendaraan anda juga menjadi sumber bahaya jika menyatu dengan udara didalam rumah. Oleh sebab itu, ada baiknya anda membuat garasi dengan ruang berventilasi untuk menjaga sirkulasi udara.
  8. Karpet Lantai
    Karpet lantai juga merupakan sumber bakteri yang berasal dari remahan makanan, minuman yang tumpah, kaos kaki yang tidak dilepas dan sebagainya. Hal ini dapat menjadi sumber masalah bagi Anda yang memiliki alergi kulit, alergi debu dan masalah pernapasan. Oleh sebab itu karpet harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga area berkumpul tetap bersih dan sehat.
Posted on 03/06/2020 Home & Living, Furniture Tips 0 345

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Blog categories

Latest Comments

No comments

Blog search

Prev
Next

No product

To be determined Shipping
IDR 0 Total

Checkout